VISI DAN MISI

“Memajukan Kabupaten Seruyan SEHAT (Sejahtera, Elok, Harmonis, Aman dan Tentram)”.

Visi Kabupaten Seruyan ini memiliki makna sebagai berikut:

Sejahtera dapat diartikan sebagai suatu keadaan aman sentosa dan makmur. Suatu keadaan sejahtera tersusun dari tiga unsur, yakni pertama adalah seluruh permasalahan sosial dapat dikendalikan dengan baik, kedua segala macam kebutuhan hidup dapat terpenuhi, dan yang ketiga adalah tersedianya seluruh kesempatan bagi siapapun untuk dapat maju kearah yang lebih baik. Konsep sejahtera sangat erat sekali dengan bentuk kesejahteraan sosial yang dapat diartikan sebagai kegiatan-kegiatan yang terorganisir bagi peningkatan kesejahteraan sosial melalui kegiatan menolong orang untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan dalam beberapa bidang seperti kehidupan keluarga dan anak, kesehatan, penyesuaian sosial, waktu, standar hidup, dan hubungan sosial.

Elok dapat diartikan sebagai sesuatu yang baik, cantik, dan enak dipandang. Dalam hal ini elok juga dapat diinterpretasikan sebagai suatu kondisi masyarakat yang sangat menjunjung tinggi adat istiadat yang baik dan jauh dari kegiatan-kegiatan negatif.

Harmonis dapat diartikan sebagai suatu kondisi bersangkut paut dengan harmoni yang seiya sekata. Harmonis dalam kehidupan merupakan suatu keadaan dimana setiap orang dapat saling merangkul bersama di setiap masalah sehingga terjadi keselarasan hidup guna mencapai kebahagiaan bersama.

Aman dalam hal ini mencerminkan suatu kondisi yang bebas dari bahaya, bebas dari gangguan, terlindungi dan tidak mengandung resiko. Aman juga merupakan kondisi dimana kita bisa mengidentifikasi resiko yang ada dan mengurangi resiko seminimal mungkin ke level yang bisa diterima dengan baik.

Tentram dapat didefinisikan sebagai suatu kondisi yang tidak merasa takut bahkan khawatir. Tentram juga dapat dilihat sebagai sesuatu yang aman atau (tidak rusuh, tidak dalam kekacauan). Di daerah yang aman, orang-orang bekerja dengan senang, tenang (tidak gelisah, tenang hati, pikiran).

Misi merupakan komitmen untuk melaksanakan agenda-agenda utama yang menjadi penentu keberhasilan pencapaian visi pembangunan. Sesuai dengan visi pembangunan Kabupaten Seruyan Tahun 2018-2023, maka misi pembangunan Kabupaten Seruyan Tahun 2018-2023, sebagai berikut:

  1. Menciptakan pemerintahan yang bersih dan baik serta profesional. Pemerintah Kabupaten Seruyan bertekad untuk menciptakan pemerintahan yang bersih dan baik sesuai dengan prinsip-prinsip good governance. Hal ini dibarengi dengan peningkatan pelayanan publik yang prima dan profesional. Dalam pelaksanaannya, dilakukan upaya peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan, perencanaan, penganggaran dan pengawasan pembangunan yang terpadu, serta peningkatan kinerja aparatur sipil negara.
  2. Mewujudkan mutu pendidikan yang lebih berkualitas, baik pendidikan formal maupun non formal. Pembangunan sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu prioritas pembangunan Kabupaten Seruyan. Dalam mewujudkan SDM yang andal, perlu dibekali dengan pendidikan yang bermutu. Pelayanan Pendidikan diarahkan untuk melaksanakan standar pelayanan minimal (SPM) kewenangan kabupaten bagi seluruh masyarakat yang berhak.
  3. Memberikan pelayanan kesehatan yang prima serta berkualitas kepada masyarakat. Selain Pendidikan, pembangunan SDM Seruyan juga diarahkan untuk pemenuhan SPM kesehatan. Kebijakan pembangunan difokuskan bagi pemberian pelayanan kesehatan yang berkualitas dan menjangkau seluruh daerah, sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

4. Mengembangkan dan menghidupkan perekonomian rakyat yang berbasis pada ekonomi kerakyatan. Mulai dari industri kecil, industri rumah tangga, perdagangan, dan koperasi. Peningkatan perekonomian masyarakat diarahkan untuk sebesarbesarnya kesejahteraan masyarakat. Pengembangan agroindustri serta peningkatan kinerja kelembagaan dan kelompok usaha masyarakat dan koperasi diarahkan untuk meningkatkan perekonomian wilayah dan memperkuat perekonomian masyarakat. Dengan demikian dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan berkurangnya ketimpangan pendapatan, yang pada gilirannya dapat mengendalikan tingkat kemiskinan dan jumlah penyandang masalah kesejahteraan sosial.

5. Meningkatkan pembangunan infrastruktur yang berkualitas. Pembangunan Seruyan didukung dengan infrastruktur yang berkualitas dan menjangkau seluruh wilayah secara proporsional. Infrastruktur wilayah menjadi pendukung berbagai aktivitas pembangunan dan menunjang pelayanan publik kepada masyarakat. Peningkatan pelayanan transportasi, air bersih, sanitasi dan berbagai infrastruktur wilayah lainnya, diharapkan dapat memenuhi SPM dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

  1. Mewujudkan Pelabuhan Laut Teluk Segintung sebagai pintu gerbang ekonomi Kabupaten Seruyan. Konektivitas daerah menjadi hal yang penting dalam meningkatkan aksesibilitas. Kemajuan sebuah wilayah salah satunya diukur dari konektivitas dan aksesibilitas. Dengan pembangunan Pelabuhan Laut Teluk Segintung, diharapkan dapat meningkatkan distribusi barang, orang dan jasa.
  2. Meningkatkan, mengembangkan dan memberdayakan potensi sumber daya alam, pertanian, peternakan, kelautan, perkebunan, dan kehutanan. Pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup yang berkelanjutan merupakan komitmen bersama seluruh masyarakat Indonesia. Dengan kekayaan alam yang berlimpah dan beragam, tidak membuat masyarakat serta merta melakukan pemanfaatan tanpa mengindahkan daya dukung dan daya tampung lingkungan. Pemanfaatan sumber daya alam dilakukan secara bijak untuk meningkatnya kontribusi pertanian, kehutanan dan perikanan terhadap perekonomian daerah. Selain itu, pengembangan pertanian dalam arti luas juga diarahkan untuk ketahanan pangan daerah.
  3. Mengembangkan sektor pariwisata, seni dan budaya. Pengembangan sektor unggulan pariwisata sebagai penggerak perekonomian diarahkan untuk meningkatkan daya saing pariwisata khususnya yang berbasis seni dan budaya. Peningkatan daya saing pariwisata diharapkan dapat menarik kunjungan wisatawan yang meningkat dari tahun ke tahun.

9. Menciptakan lapangan pekerjaan, serta menjamin hak tenaga kerja. Dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat, maka dibutuhkan sumber penghidupan yang baik. Angkatan kerja yang memiliki pekerjaan, merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan. Masalah ketenagakerjaan dan pengangguran merupakan hal yang sangat penting dan membutuhkan

penanganan yang terpadu. Upaya meningkatkan kesempatan kerja yang menunjang produktivitas angkatan kerja diharapkan dapat mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan pendapatan dan daya beli masyarakat.

10.  Menciptakan rasa aman, kehidupan yang damai, rukun, harmonis, agamis dan tentram dalam bingkai NKRI. Aktivitas masyarakat dan pelaksanaan pembangunan akan berjalan dengan lancar bila didukung oleh adanya kondisi daerah yang aman, tentram dan harmonis. Kondisi yang aman, tentram dan harmonis ini juga ditandai dengan terjaganya kualitas kehidupan beragama. Guna menciptakan keamanan dan ketertiban lingkungan serta kerukunan umat beragama, maka peran serta seluruh pelaku pembangunan sangat dibutuhkan.